Pages

Uban? Oh no!

Rabu, 21 Desember 2011
Uban. kalau sudah baca kata ini mungkin yang muncul di otak adalah rambut putih yang terdapat di kepala kakek, nenek, ayah, bunda dan orang tua lainnya. Tetapi, itu bisa juga terjadi pada usia muda. Bagi remaja atau ke atas yang sangat memperhatikan penampilan yang mendetail mungkin bingung dan lebay-nya frustasi karna uban tersebut.

Tau tidak? Uban itu terjadi karna kadar melanin yang tidak diproduksi lagi. Melanin adalah kandungan yang membuat rambut orang berwarna hitam. Jadi kalau tidak diproduksi lagi kandungan melaninnya, maka rambut yang tubuh berubah warna. Yaitu menjadi putih atau kita menyebutnya uban. Ada yang menyebutkan kadar melanin berkurang atau tidak diproduksi karna tubuh terlalu stress atau terlalu banyak berpikir. Jika anda tidak stress lagi, maka kandungan melanin akan diproduksi lagi. Selain stress, faktor lainnya yang menyebabkan uban tumbuh adalah syok, kekhawatiran atau kesedihan yang terlalu dalam, sakit keras ,faktor genetik, gaya hidup yang tidak sehat,

Dari faktor genetik adalah penyebab munculnya uban di usia muda yang paling umum. Informasi tentang rambut putih yang tumbuh lebih dini itu tersimpan di dalam gen. Ini berarti bila orangtua dan kerabat dekat mulai beruban di usia belia, kemungkinan untuk cepat beruban akan lebih besar. Gangguan karena kelainan metabolisme, kelainan imunitas, kelainan hormonal, sinar X, keracunan logam berat, dan gangguan ginjal berkontribusi menambah jumlah uban di kepala.

Melalui gaya hidup juga mempengaruhi tumbuhnya uban. Menurut seorang narasumber, faktor eksternal juga mempercepat tumbuhnya uban di usia muda. Faktor eksternal tersebut adalah penggunaan minyak rambut, cat rambut, jenis-jenis makanan tertentu serta polusi. Penggunaan minyak dan cat rambut tidak hanya mengenai rambut tetapi meresap ke dalam pori-pori kulit kepala. Zat-zat kimia yang terkandung dalam minyak dan cat rambut mempengaruhi kesehatan rambut. Merokok juga dapat menyebabkan uban tumbuh pada usia muda. namun, seperti yang kita ketahui, merokok memang merugikan tubuh secara keseluruhan.


Cara agar tidak berubah terlalu dini? Ada..
  1. Usapkan campuran minyak kelapa dan air jeruk nipis pada rambut dan remas-remas dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas. Banyak wanita yang melakukan   hal ini setiap hari, rambutnya bisa tetap hitam sampai usia 60-an. 
  2. Memberi nutrisi yang cukup pada rambut. Vitamin A membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan membuat rambut lebih bersinar. Vitamin A banyak terdapat dalam sayuran hijau, dan buah-buahan berwarna merah dan kuning.
  3. Vitamin B berperan dalam melancarkan produksi minyak untuk menjaga kelembaban dan kesehatan rambut. Vitamin B banyak terdapat dalam sayuran hijau daun, sereal, hati, yogurt, pisang.
  4. Mineral yang esensial bagi rambut adalah zinc, zat besi, dan copper. Banyak terdapat pada daging, ayam, sayuran, telur, biji-bijian, dan makanan laut (sea food).
  5. Protein, terutama nabati amat penting untuk menjaga tekstur rambut dan membuatnya tetap bersinar. Banyak terdapat dalam biji-bijian, terutama kedelai.
  6. Membuat gaya hidup yang sehat dari sekarang.
P.S : dari berbagai sumber yang telah dibaca.

0 komentar: